dokter gigi
dokter gigi,  perawatan gigi

Tiga Tips Ini Bisa Jadikan Anak Lebih Percaya Diri Ke Dokter Gigi Spesialis Anak Depok

Meski jarang ditemui, namun masih ada beberapa anak yang takut datang ke dokter gigi. Padahal penangan akan permasalahan gigi dengan tenaga medis ahli sangat disarankan. Nah bagi Anda yang memang memiliki anak yang masih takut ke dokter gigi. Maka tips membujuknya ke dokter gigi spesialis anak Depok ini bisa membantu.

Ajak anak ke dokter gigi sejak kecil

Ketakutan anak untuk datang ke dokter gigi memang terkadang bisa membuat para orang tua kebingungan. Oleh karena itu dianjurkan para orang tua untuk mengajak sang anak ke dokter gigi sedini mungkin.

Biasanya anak dengan usia besar dan baru di bawah ke dokter gigi akan mendengarkan banyak kisah-kisah yang mungkin konotasinya negatif. Oleh karena itu membiasakan anak untuk ke dokter gigi akan semakin menjadikannya lebih mudah untuk melakukan pemeriksaan gigi.

Hindari menunggu membawa anak ke saat dokter gigi spesialis anak Depok usianya besar untuk kunjungan pertamanya. Apalagi ketika prosedur penangannya memang cukup besar. Akan lebih baik jika lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter gigi. Hal ini akan menjadikan anak lebih rileks dan lebih terbiasa melakukan kunjungan ke dokter gigi.

Ceritakan intinya saja

Biasanya para orang tua akan memberikan janji manis pada anak ketika akan diajak ke dokter gigi. Misalnya adalah adanya prosedur yang memang tak terasa sakit. Namun siapa sangka ternyata hal tersebut bisa memberikan efek negatif kepada anak ketika prosedur yang dirasakannya terasa sakit.

Misalnya adanya proses suntikan bius atau proses cabut gigi yang ternyata akan memberikan rasa sakit. Hal tersebut akan menjadikan anak kehilangan kepercayaan kepada orang tua. Sebaiknya untuk menjawab rasa cemas anak, orang tua bisa memberikan penjelasan seputar inti-intinya saja.

Hindari memberi tahu anak terlalu banyak akan bocoran detail karena memang bisa menyebabkan anak merasa takut. Gunakan penjelasan seakan-akan anak akan melakukan pemeriksaan biasa namun jelaskan juga jika bagian mulut dan gigi yang akan dilakukan proses pemeriksaan.

Biarkan dokter gigi yang menjelaskan prosedurnya

Beberapa anak mungkin akan menanyakan apa saja yang akan dilakukan oleh dokter pada saat proses pemeriksaan. Agar tak salah dalam proses penjelaskan akan lebih baik jika Anda sebagai orang tua menyerahkan proses penjelasan kepada dokter terkait.

Hal ini karena dokter sudah terbiasa menangani permasalahan tersebut. Dengan begitu miskomunikasi akan terhindarkan.

Nah itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengajak anak ke dokter gigi spesialis anak Depok

Leave a Reply

Your email address will not be published.