Ilustrasi pembuatan baja ringan
Bahan Bangunan

Ternyata Begini Pengertian Kaso Baja Ringan

Terlepas dari popularitasnya dalam lingkup konstruksi, sangat mungkin masih ada yang belum benar – benar memahami pengertian harga kaso baja ringan sebagai material bangunan. Benar adanya bahwa saat ini material ini banyak digunakan sebagai bahan dalam konstruksi berbagai macam bangunan. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan harga kaso baja ringan itu sendiri?

Pahami Baja Ringan Dahulu

Dalam hal ini ada baiknya untuk memahami dahulu apa yang dimaksud dengan material baja ringan itu sendiri. Jadi, baja ringan merupakan satu bahan bangunan yang dibuat menggunakan gulungan baja tipis. Gulungan tersebut kemudian dibentuk sedemikian rupa dengan menyesuaikan kebutuhan dalam penggunaannya. Nah, hal tersebut menandakan adanya fleksibilitas tinggi dari material konstruksi yang satu ini. Hal itu juga merupakan salah satu kelebihannya.

Baja ringan itu sendiri terdiri dari bijih besi sebagai bahan utamanya. Berbagai bahan yang dapat mengotori bijih besi sudah dibersihkan dahulu semaksimal mungkin. Selain itu, kandungan unsur karbon di dalamnya juga sudah dikurangi hingga 2%. Pada awal kemunculannya material konstruksi yang satu ini hanya digunakan untuk bagian atap bangunan saja. Namun, saat ini penggunaannya sudah meluas dan hampir seluruh bagian bangunan dapat menggunakan baja ringan.

Kaso Baja RIngan

Setelah memahami perihal dasar dari baja ringan itu sendiri, selanjutnya yang perlu diketahui adalah jenisnya. Nah, terkait dengan pengertian harga kaso baja ringan, pada dasarnya bahan tersebut merupakan salah satu jenis dari material ini. Jenis yang satu ini kerap juga dikenal atau disebut dengan trus. Karena ternyata ada jenis – jenis yang berbeda dari baja ringan, penggunaannya juga tentu berbeda. Keragaman jenis ini muncul seiring semakin luasnya penggunaan material yang satu ini.

Jenis baja ringan kaso biasanya dimanfaatkan sebagai bahan dari kaki atau tiang utama sebuah bangunan. Untuk ketebalannya sendiri, jenis kaso ini tersedia mulai 0,8 hingga 1 mm. Kemudian ternyata juga ada varian yang berbeda lagi dari jenis material yang satu ini. Pada dasarnya terdapat 2 jenis berbeda lagi dalam varian ini yaitu dengan profil W dan C. Perbedaannya adalah untuk tipe profil W lebih besar dari yang memiliki profil C.

Dengan memahami pengertian kaso baja ringan beserta varian yang berbeda maka dapat membantu dalam memaksimalkan penggunaannya. Fleksibilitas dalam merangkai dan membentuk material konstruksi yang satu ini menjadikannya seolah tidak terbatas digunakan oleh siapa saja dan untuk konstruksi apa saja. Jadi, bukan hal yang aneh ketika semakin banyak orang yang menggunakan varian baja ringan yang satu ini dalam proyek konstruksinya.

Nah, setelah mengetahui pengertian kaso baja ringan, tidak ada salahnya juga untuk sedikit mengenal jenis lain dari bahan bangunan ini. Selain jenis kaso, terdapat juga jenis taso, reng, hollow, hingga kanal C. Pastikan untuk menggunakan jenis atau varian yang tepat serta disesuaikan dengan kebutuhan konstruksinya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.